Breaking News
Prakarsa Gelar Pelatihan Penanganan Pengaduan Masyarakat

Prakarsa Gelar Pelatihan Penanganan Pengaduan Masyarakat

 DSC_0072[1]Lamongan- Pelatihan penanganan pengaduan masyarakat diselenggarakan oleh LSM Prakarsa Jawa Timur, acara ini di hadiri oleh 30 peserta pelatihan dari berbagai kalangan stakeholder kesehatan yaitu BPJS Kesehatan Lamongan, pendamping Forum masyarakat peduli puskesmas (FMPP) Lamongan dan Mojokerto, Utusan Puskesmas, Kader Posyandu (Lamongan dan Mojokerto), Forum LSM, Utusan Dinas Kesehatan Kab/Kota, Utusan RSUD, Akademisi/Perguruan Tinggi, acara tersebut berlangsung dua hari yaitu 15-16 September 2015, bertempat di Hall Grand Mahkota Hotel.

Idris Ghozali (Wakil Direktur) mengatakan bahwa, di Indonesia meskipun kemajuan telah banyak dicapai dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, juga disadari bahwa pemerintah belum dapat menyediakan kualitas pelayanan public sesuai dengan tantangan yang dihadapi, yaitu perkembangan kebutuhan masyarakat yang semakin maju dan persaingan global yang semakin ketat. Hasil survey integritas yang dilakukan KPK menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik Indonesia baru mencapai skor 6,84 dari skala 10 untuk instansi pusat, dan 6,69 untuk unit pelayanan publik di daerah.

“Oleh karena itu pelatihan dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan pendamping dan FMPP maupun stakeholders terkait untuk memudahan akses bagi masyarakat, dalam menyampaikan pengaduan sehingga laporan/ pengaduan bisa terselesaikan sebagaimana mestinya,”. Tandasnya, Idris Ghozali.

Syarif Hidayatullah (Fasilitator), menjelaskan beberapa hal crusial tentang kesehatan mulai dari pentingnya tindakan preventif untuk menjaga kesehatan anak, penyakit-penyakit menular dan lain-lain. dan kemudian beliau menggali berbagai masalah dari peserta terutama kendala-kendala penanganan pengaduan yang ada.

Peserta pelatihan terlihat begitu antusias, dengan banyaknya feedback di setiap diskusi di dalam forum.

Oleh : Yaqin Siradj
Staf Pengembangan jaringan dan kajian kebijakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>