Breaking News

Peran Strategis FMPP dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

fmppLamongan, Prakarsa Jawa Timur yang bekerja sama dengan dinas kesehatan kab. Lamongan mengadakan lokakarya yang dihadiri kepala puskesmas se-kab. Lamongan , pengurus FMPP, tokoh masyarakat dan juga stakeholder terkait. Lokakarya yang dibuka langsung oleh kepala dinas kesehan kab. Lamongan DR. H. Taufik Hidayat ini mengundang banyak antusias dari semua peserta, hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang hadir mencapai 100 orang dari keseluruhan peserta yang diundang pada acara lokakarya tersebut.

Lokakarya yang di adakan Jumat pagi (17/11) di Aula dinas kesehatan ini berlangsung hingga sore hari. Dalam sambutannya dr. H. Taufik Hidayat juga mengatakan siap mendukung segala aktivitas yang nantinya dilakukan FMPP demi terciptanya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik, namun demikian,FMPP merupakan relawan kesehatan di tingkat Puskesmas, jadi FMPP harus mampu berdaya sendiri agar peran mereka bisa terlihat nyata dan dipandang baik oleh semua pihak, khususnya masyarakat.

Seperti yang kita ketahui bersama, Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan tingkat 1 di level kecamatan, tentu hal ini yang mendorong Prakarsa Jawa Timur untuk memprakarsai pembentukan FMPP (Forum Masyarakat Peduli Puskesmas) di kab. Lamongan agar kualitas pelayanan kesehatan menjadi lebih baik, salah satunya dengan melibatkan unsur masyarakat di dalamya.

Pada kesempatan lokakarya ini juga dibentuk FMPP bagi 15 puskesmas yang belum terbentuk fmpp dari total 33 puskesmas yang ada di kab. Lamongan, yang pada periode sebelumnya sudah ada 18 puskesmas yang sudah terbentuk FMPP dan berjalan cukup baik dalam peran peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas, serta pembentukan FMPP tingkat kabupaten yang nantinya dikelola bersama. Dengan terbentuknya seluruh kader FMPP dari seluruh puskesmas di kab. Lamongan ini diharapkan puskesmas semakin sadar bahwa masyarakat merupakan prioritas utama dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Salah satu peserta aktif bapak Abdul Hadi, yang juga berprofesi sebagai dosen ini juga mendorong adanya peningkatan kualitas kesehatan di puskesmas, termasuk melibatkan FMPP di kegiatan Puskesmas, ”harusnya seluruh elemen stakeholder dari tingkat pusat sampai bawah termasuk pemerintahan desa juga turut berperan aktif dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, jadi nantinya sinergitas yang dibangun bisa berdampak besar di masyarakat” ujarnya. Tentu hal ini membuat seluruh peserta yang hadir bersemangat untuk semakin aktif dalam peningkatan pelayanan kualitas kesehatan di puskesmas.

Di akhir sesi acara, direktur Prakarsa Jawa Timur Dr. Madekhan S.Pd., M. Si, juga berpesan agar seluruh kader FMPP ini ikhlas dalam mengemban amanah sebagai pelopor peningkatan kualitas pelayaan kesehatan di puskesmas, serta turut aktif dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan, agar nantinya masyarakat juga sadar bahwa Puskesmas adalah “rumah” kesehatan bagi masyarakat di tingkat Kecamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>