Breaking News
Kawal Pelanggaran Pilkada, Kejati Buka Gakkumdu
beritajatim.com

Kawal Pelanggaran Pilkada, Kejati Buka Gakkumdu

beritajatim.com

beritajatim.com

Surabaya (beritajatim.com) - Untuk mengawal jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jatim pada Desember mendatang, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim resmi membuka kembali sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Pengaktifan Gakkumdu menyusul sudah berjalannya masa kampanye para pasangan calon Pilkada di beberapa daerah.

Gakkumdu disebar di seluruh Kejaksaan Negeri (Kejari) di Jatim. Halnya dengan pesta demokrasi sebelumnya, posko ini dibuka untuk mencanangkan Pilkada bersih dan aman. Apalagi, Jatim dinilai rawan dugaan tindak pidana pemilu.

Kepala Kejati Jatim, Elvis Johnny menyatakan,Gakkumdu akan didirikan selama masa Pilkada berlangsung. Posko yang disebar total 38 di masing-masing kejaksaan. Kejaksaan sendiri, bersifat pasif atas Pilkada. Kewenangan tetap ada di tangan Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) yang kemudian diteruskan ke kepolisian dan Kejari setempat.

Menurut Elvis, pihaknya cukup menunggu adanya laporan pidana dari masing-masing posko Gakkumdu. Jika terbukti ada pelanggaran, maka akan diproses hingga ke persidangan. “Kami tinggal menunggu laporan pidananya,” jelas dia.

Sejauh ini kejaksaan belum menerima adanya pelanggaran yang terjadi selama masa kampanye. Kasi Penerangan Hukum, Romy Arizyanto menambahkan, pihaknya tetap akan memantau perkembangan pelanggaran di masing-masing daerah yang menemukan adanya dugaan pelanggaran. “Penanganan tetap kewenangan dari Kejari masing-masing,” kata Romy.

Lanjutnya, mekanismenya untuk penanganan tindak pidananya akan dikaji dari temuan Bawaslu, kemudian diserahkan ke pihak Polisi. Setelah itu, pihak kepolisian akan melimpahkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan. “Tetap kewenangan pengadilan untuk memutus pidananya,” tandas Romy. [uci/but

Sumber : beritajatim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>