Breaking News
DPRD Lamongan pantau Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Ke SMPN 1 Modo

DPRD Lamongan pantau Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Ke SMPN 1 Modo

Kamis, 25 Februari 2021, Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan melakukan kunjungan kerja di SMPN 1 Modo dalam rangka membahas proses belajar mengajar di masa kebiasaan baru wilayah kerja Bluluk dan Modo.

Ketua Komisi D Abdus Shomad mengangkat dua isu penting dalam pendidikan. Pertama pentingnya mengangkat kearifan dan nilai-nilai lokal untuk membentuk identitas bangsa yang diimplementasikan dalam kurikulum dan proses pembelajaran.

Isu kedua tentang Ketidakseragaman lembaga pendidikan yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). Ada TPQ masuk, tapi TK belum masuk. Ada SD sudah PTM m, tapi MI masih PJJ. Ketidakseragaman ini perlu didiskusikan bersama.

Kepala Dinas Pendidikan Adi Suwito menjelaskan bahwa kearifan lokal di Lamongan sudah diangkat sedemikian rupa sehingga sampai berprestasi sampai tingkat provinsi dan nasional. Bahkan di masa pandemi, Lamongan mengadakan lomba Smart Talent secara virtual untuk anak-anak berbakat di berbagai bidang, seperti tari, parikan, Tahfidzul Qur’an, dan lain-lain.

Menurut Kiyatarto, guru sekaligus penggiat seni dari Modo, banyak potensi dan prestasi seni dari kecamatan Modo, seperti juara dalang cilik tingkat provinsi, juara silat, juara parikan, dan lain sebagainya.

Kiyatarto menambahkan harapannya agar Situs Sitinggil Joko Modo dipugar dan bisa dijadikan tempat wisata, Sedangkan guru dari SMPN 2 Modo Isparwati mengeluhkan akses jalan yang rusak dan njomplang kualitasnya dengan jalan di kabupaten Bojonegoro. Di samping itu ada Sendang Joko Modo yang potensial untuk jadi tempat wisata.

Imam Fadli, legislator dari Gerindra mengapresiasi adanya koordinasi yang baik antara Dinas Pendidikan dengan Kementerian Agama dan mengapresiasi keluhan dari para penanya tentang pendidikan, budaya, dan potensi wisata karena komisi D memang membidangi pendidikan, budaya, dan pariwisata.

Penulis: Chusnu Yuli Setyo
EditorĀ  : Yepta Adiarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>