Breaking News
Beasiswa Mahasiswa Miskin Naik
if.its.ac.id

Beasiswa Mahasiswa Miskin Naik

LAMONGAN- Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPRD Lamongan mendorong upaya pemkab setempat menambah beasiswa bagi mahasiswa tak mampu. Keterjangkauan akses pendidikan ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

if.its.ac.id

if.its.ac.id

Beasiswa ini untuk mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). “Kebijakan itu akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Lamongan,” kata juru bicara FPD, Debby Kurniawan, kemarin (2/12).

Peningkatan kualitas SDM itu tentu, tutur dia, juga diperluas hingga tingkat pendidikan dasar dan menengah. ”khususnya kepada siswa tidak mampu tingkat S hingga SMA,” ujar dia.

Penyaluran beasiswa untuk mahasiswa tak mampu asal Lamongan naik signifikan tahun depan. Biasanya rata-rata 200 mahasiswa per tahun, namun menjadi 400 mahasiswa. “ Kuota 400 beasiswa, terbagai 200 mahasiswa PTN dan 200 mahasiswa PTS,” kata Kepala Dinas Pendidikan Lamongan Bambang Kustiono.

Menurut dia, total anggaran disiapkan Rp 4,2 miliar dari APBD 205. Anggaran tersebut termasuk yang perpanjangan angkatan 2012, 2013, dan 2014. Namun, beasiswa tersebut penyalurannya tidak sama.

Untuk mahasiswa PTN se-Jawa dan Bali menerima Rp 4 juta pertahun. Sedangkan, mahasiswa PTS menerima Rp 2 juta pertahun. Untuk mahasiswa PTS yang bisa menerima beasiswa hanya yang ada di Lamongan.

“Penerima beasiswa syaratnya dari keluarga tidak mampu dan memiliki indeks prestasi bagus setiap semester,” terangnya.
Dia menambahkan, program beasiswa miskin asal Lamongan sudah dimulai sejak 2005. Jumlah penerima hingga akhir 2013 terdata sebanyak 2.084 mahasiswa. Hingga tahun depan diperkirakan sekitar 2.700 mahasiswa. (feb/rij)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>