Breaking News

Prakarsa Jatim Dorong Pemkab Jember Bangun Sistem Pengaduan Pelayanan Publik

suasana saat Sekdin DISKOMINFO memberikan sambutan sekaligus membuka training pelayanan publik

suasana saat Sekdin DISKOMINFO memberikan sambutan sekaligus membuka training pelayanan publik

Jember, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keterbukaan akses informasi dan komunikasi menjadi hal wajib yang layak didapatkan oleh masyarakat, termasuk masalah pelayanan publik.  Di era digital seperti sekarang ini masyarakat dituntuk untuk up to date terhadap segala akses informasi yang ada untuk tetap bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Dalam hal pelayanan publik, khususnya di kab. jember ternyata ditemukan bahwa di Kab. Jember tidak ada satu wadah yang bisa menampung aspirasi masyarakat jember secara online, dimana masyarakat harusnya bisa mendapatkan akses pengaduan pelayanan publik, baik secara online/offline.

Pada kesempatan pelatihan pelayanan publik, yang diselenggarakan oleh Prakarsa Jawa Timur dengan dukungan Yappika Jakarta dan juga USAID pada 16-18 Januari ,yang bertempat di LIPOSOS (Lingkungan pondok sosial) Dinas Sosial Kab. Jember, para peserta yang terlibat dari berbagai komunitas masyarakat dan juga CSO mendapatkan berbagai materi yang sangat menarik bagi para peserta pelatihan, apalagi juga turut dihadiri oleh SekDin DISKOMINFO Kab.Jember selaku stakeholder penting dalam masalah pelayanan publik secara online.

Materi yang diberikan diantaranya: Terkait Pelayanan Publik yang langsung dipaparkan oleh direktur Yappika Fransisca Fitri, pengenalan kanal pengaduan masyarakat melalui aplikasi LAPOR! yang dipaparkan langsung oleh perwakilan dari Kemenpan RB,  ada juga dari Ombudsman perwakilan Jawa Timur Muflihul Hadi, serta materi jurnalistik warga dari AJI (Aliansi Jurnalis Indipendent) Kab. Jember oleh Zumrotul Soliha.

“Diskominfo siap bekerja sama dengan masyarakat, bersinergi bersama-sama untuk bisa mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik di Kab. Jember ini, apalagi DISKOMINFO di Kab.Jember baru resmi beroperasi per Januari 2018 ini, sehingga diharapkan peserta yang mendapat bekal ilmu pada pelatihan pelayanan publik ini, nantinya bisa  berkontribusi besar dalam informasi pelayanan publik yang lebih baik di Kab. Jember” ujar Murdianto (sekdin Diskominfo jember).

Tentu patut kita tunggu bersama seperti apa nantinya langkah yang akan di ambil oleh pemerintah Kab. Jember melalui OPD terkait dalam mewujudkan akses pengaduan pelayanan publik bagi masyarakat yang responsif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>