Breaking News

Pengembangan Wirausaha Melalui Akses Perbankan

IMG20170718095014JOMBANG- Salah satu aspek terpenting dalam pengembangan wirausaha adalah adanya modal yang cukup, untuk memperolehnya bisa didapatkan dari pinjaman bank. Pengetahuan mengenai akses perbankan sangat diperlukan bagi pelaku wirausaha kecil.  Kata Wazir saat membuka acara pelatihan pemasaran dan akses perbankan bagi UMKM, yang digelar kemarin (18/7) di gedung KPRI Karya Sehat. Acara tersebut dihadiri oleh 30 pelaku wirausaha kecil.

Narasumber pelatihan tersebut, Syamsul Anam memaparkan kredit usaha kecil merupakan sejenis pembiayaan dari bank atau suatu fasilitas keuangan untuk investasi atau modal kerja yang diberikan kepada nasabah usaha kecil dengan plafond kredit sebesar yang ditentukan pemberi pinjaman dan membayarnya kembali dalam jangka waktu yang ditentukan.

“Sejak tahun 2015 pelaku wirausaha kecil diuntungkan dengan adanya program kredit usaha rakyat (KUR), Kredit usaha rakyat merupakan program unggulan pemerintah untuk meningkatkan sejumlah pengusaha di tanah air. Program ini ditujukan  kepada pengusaha kecil bahkan tanpa agunan, bunganya sangat rendah  apabila dibandingkan pinjaman usaha pada umumnya, karena pemerintah memberikan subsidi Bunga pada KUR, ” jelasnya.

Lebih lanjut ia  menjelaskan, setiap pengajuan kredit hal pertama yang harus diperhatikan adalah riwayat kredit sebelumnya, apabila kredit sebelumnya baik maka pengajuan kredit akan lebih mudah.

“Setiap kredit akan tercatat dalam riwayat kredit di system  bank Indonesia. SID (system informasi debitur) menunjukkan catatan kredit setiap orang yang pernah atau sedang memiliki pinjaman di bank. Jika memiliki tunggakan sekecil apapun sebaiknya segera dibereskan,” imbuhnya.

Peserta pelatihan, Khusnul Khotimah mengaku sangat senang mengikuti pelatihan ini, menurutnya pelatihan  ini bisa meningkatkan kapasitas pelaku UKM kreatif, mulai dari modal pengetahuan  perbankan , tata kelola keuangan hingga managemen bisnis sebagai syarat mengakses pembiayaan dari bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>