Breaking News

Pemerintah Segera Labelkan Benih Padi IF8 yang Dikembangkan Keuchik Munirwan

Tenaga Ahli Penasihat Menteri Desa PDTT, Muhammad Nuruddin

Tenaga Ahli Penasihat Menteri Desa PDTT, Muhammad Nuruddin

Kementerian Pertanian (Kementan) RI bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) bergerak cepat.

Kedua kementerian ini sudah memiliki kesepahaman bersama untuk membantu proses pelepasan bibit atau pemberian label benih padi jenis IF8 yang dikembangkan oleh Tgk Munirwan, Keuchik Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara.

Pemberian label tersebut dipandang perlu setelah mencuatnya kasus pemidanaan Tgk Munirwan terkait kasus dugaan penjualan bibit padi jenis IF8 yang belum berlabel. Dalam kasus itu, Tgk Munirwan ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polda Aceh.

“Karena (bibit padi IF8) sudah kadung beredar, sudah terkenal, maka harus kita ikuti prosedur pelepasan,” kata Tenaga Ahli Penasihat Menteri Desa PDTT, Muhammad Nuruddin kepada Serambi di Banda Aceh, Kamis (1/8).

Nuruddin diminta secara khusus datang ke Aceh untuk menelusuri fakta dan data kasus
pemidanaan Tgk Munirwan, keuchik inovator yang menciptakan inovasi desa melalui pengembangan padi jenis IF8, sehingga desanya meraih juara II nasional pada ajang Inovasi Desa tahun 2018.

Secara prosedural, kata Nuruddin, proses pemberian label bibit membutuhkan waktu dua tahun. Tapi karena kasus ini sudah duluan heboh, sehingga pihaknya mengambil inisiatif untuk mempercepat pengurusan label sehingga sebaran bibit di masyarakat bisa legal.

sumber: aceh.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>