Breaking News

Mendorong Responsifitas Gender Di Gorontalo


Mewakili Seknas FITRA, Madekhan Ali, MSi (Direktur Prakarsa Jatim) terlibat dalam fasilitasi Training Perencanaan Dan Penganggaran Responsif Gender. Kegiatan ini diadakan oleh LP2G (Lembaga Pengkajian dan Pembangunan) Provinsi Gorontalo, bekerjsama dengan TAF dan CIDA.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pengarusutamaan gender dalam perencanaan dan penganggaran. Kegiatan tersebut juga mengenalkan teknik GAP/GBS sebagai alat analisis gender yang berguna dalam perencanaan penganggaran pembangunan yang responsif gender. Hal ini sebagai implementasi Permendagri No. 67 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Permendagri No. 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 20-21 Januari 2014 tersebut diikuti 46 orang peserta yang berasal dari Perwakilan KPA dan PPK di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Pelatihan ini menggunakan model pembelajaran untuk orang dewasa (andragogi) yang akomodatif. Di antaranya pemberian fasilitasi kepada peserta untuk mengungkapkan pengalamannya, mengolah dan menganalisis, menggeneralisasi (menyimpulkan) dan menerapkan pengalamannya. Suasana belajar juga dibentuk secara menyenangkan selama proses berlangsung untuk dapat mewujudkan keaktifan, kekreatifan, keefektifan dan kebermaknaan oleh peserta. Untuk pendalaman materi training peserta melakukan diskusi kelompok, tugas kelompok maupun perseorangan terkait keberadaan perencanaan responsive gender.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>