Breaking News

Kemenkumham Jatim dan USAID Komitmen Sukseskan Program MADANI

e0ac966ed50df2b08b0fe285658a72bdPemberdayaan organisasi masyarakat sipil (ormas/ OMS) tak luput dari perhatian Kanwil Kemenkumham Jatim. Hari ini Rabu (8/5) Kanwil Kemenkumham Jatim berkolaborasi dengan United States Agency for International Development (USAID) menggelar koordinasi dengan Pemprov Jatim untuk mensukseskan program MADANI.
Pertemuan yang digelar di Kantor Gubernur itu dipimpin langsung Sekdaprov Heru Tjahjono. Dari USAID dipimpin Acting Director of the Office of Democratic, Resilience and Governance USAID Anders Mantius. Sedangkan dari Kemenkumham diwakili Kabag Kerja Sama Luar Negeri Biro Humas Sekjen Kemenkumham Noni, Kadiv Yankumham Hajerati dan Kabid HAM Wiwit P Iswandari.
Anders menyebutkan jika program MADANI ini adalah untuk meningkatkan kapasitas OMS lokal untuk bisa lebih mandiri dan bekerjasama dengan pemda. Kegiatannya akan difokuskan di kabupaten/ kota. Bisa LSM, hobi, kepemudaan atau keagamaan. “Fokus utamanya adalah memperkuat OMS untuk aktif mendorong akuntabilitas pemda dan menjaga keberagaman sosial di daerah. OMS akan berkontribusi positif untuk kemajuan daerah,” ujar Anders.
Program itu mendapat tanggapan positif dari Sekdaprov. Heru mengaku akan pro-aktif dengan memberikan beberapa rekomendasi. Menurutnya saat ini ada 13.000 OMS di Jatim. Baik yang terdaftar di Kemenkumham (sekitar 1.000 OMS) maupun hanya tercata di Bakesbangpol (sekitar 12.000 OMS). “Kami akan petakan, lalu berikan rekomendasi mana saja OMS yang potensial. Kami ingin program ini ada keberlanjutan,” terangnya.
Sementara itu, Hajerati mengungkapkan bahwa pihaknya siap bekerjasama dengan USAID dan Pemprov. Terutama dalam menyediakan data yang dibutuhkan selama keberlangsungan program. Termasuk fungsi lain yang dibutuhkan. “Intinya kami selalu siap ketika ada yang dibutuhkan,” ungkapnya.
sumber :Kominfo Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>