Breaking News

Kebijakan Zonasi Sekolah, Menguntungkan atau Merugikan?

suasana antrian mendapatkan formulir ppdb 2019

suasana antrian mendapatkan formulir ppdb 2019

Memasuki tahun ajaran baru 2019/2020 banyak permasalahan yang timbul, hal ini disebabkan karena adanya sistem zonasi sekolah yang dirasa masih merugikan bagi sebagian orang tua yang kesulitan dalam memasukkan anaknya ke sekolah karena kuota siswa sudah terpenuhi.

Di sisi lain, sistem zonasi hanya didasarkan pada sekolah negeri dimana di beberapa daerah, khususnya di jawa timur antara jumlah sekolah dan jumlah siswa tidak relevan, para orang tua siswapun mengeluhkan terkait hal ini, akibatnya mereka harus montang manting mencarikan sekolah untuk anaknya.

Walaupun jika dilihat dari sisi positifnya, zonasi sekolah sebenarnya bagus dalam tujuan pemerataan hak pendidikan bagi anak, namun pemerintah seyogyanya juga harus melihat dan mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang timbul akibat adanya kebijakan zonasi sekolah ini, apalagi nilai ujian tidak lagi menjadi dasar siswa untuk masih ke sekolah manapun.

Aturan baru mengenai PPDB 2019 tertuang dalam Peraturan Mendikbud No. 51 Tahun 2018 menjelaskan “Zonasi menjadi basis data perumusan kebijakan dalam memetakan dan memberikan intervensi pendidikan, baik terkait fasilitas sekolah, metode pembelajaran, maupun kualitas dan distribusi guru, sehingga dapat mempercepat pemerataan mutu pendidikan di seluruh daerah”

Semestinya, sebelum menerapkan suatu kebijakan zonasi, pemerintah sudah benar-benar memperhatikan faktor pendukung yang nantinya berdampak bagi siswa itu sendiri, seperti jumlah sekolah yang memadai, akses sekolah yang mudah dan terjangkau serta yang paling penting adalah sumber daya manusia (tenaga pendidik dan kependidikan) dan juga kualitas pendidikan yang merata. Hal ini agar semata-mata agar niat baik pemerintah dalam rencana memajukan kualitas pendidikan nasional bisa terwujud dan dapat dirasakan manfaatnya oleh para siswa dan orang tua pada khususnya.

oleh: M. Yepta Adiarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>