Breaking News

FMPP Jadi Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

kepala dinas kesehatan kab. Lamongan dr. Taufik Hidayat saat membuka acara penandatanganan MOU kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat serta Seminar Promosi Kesehatan

kepala dinas kesehatan kab. Lamongan dr. Taufik Hidayat saat membuka acara penandatanganan MOU kerjasama penelitian dan pengabdian masyarakat serta Seminar Promosi Kesehatan

Acara penandatanganan MOU kerjasama penelitian  dan pengabdian masyarakat antara Universitas Islam Lamongan dengan FMPP ( Forum Masyarakat Peduli Puskesmas) yang juga dikemas dalam acara seminar promosi kesehatan “antisipasi dampak masalah lingkungan terhadap derajat kesehatan masyarakat” dibuka langsung oleh kepala dinas kesehatan kab. Lamongan bpk dr.H. Taufik Hidayat pada hari senin, 08 April 2019 di Aula Universitas Islam Lamongan.

Dalam sambutannya, kepala dinas kesehatan menyampaikan rasa terima kasihnya atas adanya FMPP yang sampai sekarang masih berkontribusi dalam masalah kesehatan di setiap kecamatan yang juga mengemban fungsi sebagai fasilitator antara masyarakat dan puskesmas terkait pelayanan kesehatan.

di dinas kesehatan sendiri, FMPP sangat membantu dalam memenuhi standart pelayanan publik dalam bidang kesehatan, khususnya sebagai fasilitator dalam menampung aspirasi masyarakat guna meningkatkan pelayanan kesehatan untuk nantinya usulan-usulan FMPP bisa diakomodir sebagai dasar perencanaan program di dinas kesehatan yang berbasis kebutuhan masyarakat.

Sesuai dengan tema seminar sendiri terkait promosi kesehatan, kedepan dinas kesehatan mengupayakan untuk merubah pola pikir masyarakat agar tidak mudah sakit, artinya bahwa kesehatan yang paling utama yaitu bersumber dari diri sendiri, menjaga pola makan serta menerapkan gaya hidup sehat. “Pelayanan kesehatan yang memuaskan akan membuat kesan baik di masyarakat khususnya bagi puskesmas, dimana harapannya masyarakat yang datang ke puskesmas tidak hanya untuk berobat saja, tapi juga untuk berkonsultasi terkait kesehatan” ujar narasumber dr. Achmad (Kepala Puskesmas Kec. Kota Lamongan)

Berdasarkan data pelayanan puskesmas, Penyakit yang disebabkan oleh dampak lingkungan dan prilaku saat ini menjadi mayoritas yang paling banyak di keluhkan oleh masyarakat, seperti demam berdarah, sesak nafas, penyakit kulit, muntaber sampai dengan penyakit berbahaya lainnya seperti kanker akibat merokok dan juga bahkan yang saat ini menjadi prioritas nasional juga yaitu masalah Stunting yang salah salah satu sebabnya diakibatkan karena buruknya sanitasi dan juga prilaku pemberian pola makan dan pola asuh.

Hal di atas selaras dengan prosentase penyebab penyakit dimana faktor keturunan mempengaruhi 10% , pelayanan kesehatan 20%, prilaku 30% serta lingkungan 30%, hal tersebut sangat mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat, Yang dimaksud faktor lingkungan tersebut adalah masalah STBM yang mencakup masalah BABS(buang air besar sembarangan), CTPS(cuci tangan pakai sabun), pengelolaan air minum, pengelolaan sampah dan masalah air limbah.

            Melalui kegiatan ini, semua pihak berharap kedepan program-program kesehatan, pelayanan kesehatan dan juga kesadaran masyarakat sendiri dapat dimaksimalkan guna meningkatkan derajat masyarakat agar kedepan rencana penyehatan nasional melalui GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) dapat tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>