Breaking News

DESA SIDOMULYO, SILO SERIUS ATASI MASALAH STUNTING PADA ANAK

sdsfJember, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan tahun 2017, angka prevalensi stunting di Kab. Jember mencapai 17,73 % atau sekitar 29.230 balita. Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas kesehatan Sendiri menempatkan 10 prioritas desa dalam penanggulangan masalah stunting, diantaranya yaitu Desa Jelbuk, Arjasa, Sumberjambe, Mayang, Paleran, Cakru, Rambipuji, Kencong, Sumberbaru dan Desa Kasiyan.

Meskipun Desa Sidomulyo bukan termasuk daerah prioritas stunting, tapi banyak hal yang patut di apresiasi atas apa yang dilakukan desa ini terhadap pencegahan masalah stunting pada anak di desa.

Selasa (28/08), Desa Sidomulyo mengadakan lomba posyandu, kebun gizi dan juga berbagai lomba lainnya, warga Desa Sidomulyo dan juga para kader posyandu nampak semangat dan antusias dalam melaksanakan lomba tersebut yang difasilitasi oleh pihak desa dan juga bidan serta tenaga kesehatan lainnya.

Lomba kebun gizi dan juga posyandu tersebut murni di inisiasi oleh pihak desa melalui bidan dan juga para kader, disamping juga kepedulian masalah stunting oleh warga desa ini sendiri adalah hasil dari program #AnakSehat Prakarsa-Yappika ActionAid yang dijalankan sejak bulan mei 2018 lalu hingga saat ini.

“Kegiatan lomba yang kita laksanakan hari ini bertujuan agar warga dan juga kader posyandu semakin peduli dengan masalah KIA, Gizi dan khususnya masalah Stunting, karena stunting sendiri merupakan ancaman bagi generasi bangsa” ujar Puji Sri Lestari yang juga merupakan bidan koordinator Sidomulyo.

Tentu apa yang sudah dicontohkan oleh desa Sidomulyo ini bisa dijadikan semangat oleh desa-desa lainnya, disamping memang dukungan dari pemerintah desa hingga tingkat kabupaten amat sangat dibutuhkan dalam pecegahan masalah stunting pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>