Breaking News

Dana Desa dan Pemberdayaan Masyarakat

kebun gizi sidomulyo

oleh: M. Yepta Adiarta

Seiring melimpahnya anggaran dana desa yang diberikan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah kepada setiap desa, tentu banyak kepala desa yang merasa bersyukur karena banyak hal yang bisa mereka lakukan dengan melimpahnya dana desa tersebut.

Namun tak dipungkiri, banyak juga kepala desa yang merasa bingung mau mereka apakan sekitar 1 Milyar dana desa yang mereka terima setiap tahun tersebut. Sehingga banyak desa yang lebih memilih jalan instant dengan hanya menghabiskan uangnya untuk pembangunan infrastruktur saja.

Dalam Bab III Pasal 4 Permendes No 16 Tahun 2018 disebutkan Dana Desa 2019 selain diprioritaskan untuk pembangunan infrastrukutur desa, tentu harus ada program-program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan SDM masyarakat desa, kegiatan-kegiatan serta program lintas bidang dan diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa berupa peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat Desa.

Hal-hal tersebut yang mestinya harus disadari betul oleh aparatur desa,bahwa tingkat keberhasilan pemanfaatan dana desa tidak bisa dinilai dari sekedar kondisi infrastruktur desa yang sudah semakin baik, sementara masyarakat tidak diberdayakan dan masalah-masalah di tingkat masyarakat bawah masih tetap sama.

Masalah kemiskinan, rendahnya tingkat pendidikan, buruknya kualitas kesehatan serta terbatasnya lapangan kerja menjadi PR besar bagi desa yang harus segera dituntaskan, kegiatan-kegiatan yang bersifat kongkrit seperti pelatihan-pelatihan, pembinaan UKM, peningkatan kapasitas warga, dan juga sosialisasi-sosialisasi juga harusnya banyak dilakukan oleh pemerintah desa.

Pemerintah desa harus bisa mengalokasikan serta mengelola dana desa dengan bijak, anggaran-anggaran terkait kesehatan, pendidikan dan juga kegiatan yang bisa meningkatkan SDM warga juga harus di prioritaskan, sehingga nantinya tidak terjadi ketimpangan antara pembangunan dari segi fisik dan pembangunan SDM bisa sama-sama berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>